McLaren F1 Didukung Mesin Honda?

Kabarnya rumor ini disebabkan oleh ketidaknyamanan tim McLaren atas permintaan sebesar £8 juta (sekitar Rp 102 milyar) untuk pasokan mesin di musim balap F1 tahun 2013 mendatang.

Carmall.com– Kabar cukup mengejutkan datang dari tim F1 McLaren. Sebagaimana dilansir dari PlanetF1.com (23/10), tim McLaren tengah mempertimbangkan tengah mempertimbangkan untuk menghentikan kerjasama dengan Mercedes dan menggantinya dengan Honda.Jika kabar ini benar adanya, maka ini kejutan kurang sedap kedua dari tim McLaren, setelah Lewis Hamilton dipastikan tidak akan berada di starting lineup pembalapnya. Pasalnya pabrikan otomotif dari Jerman tersebut telah mensuplai kebutuhan mesin bagi tim McLaren sejak tahun 1995, dan baru saja tahun 2009 lalu kedua belah pihak sepakat memperbaharui kontrak kerjasama mereka hingga tahun 2015.

Kabarnya rumor ini disebabkan oleh ketidaknyamanan tim McLaren atas permintaan sebesar £8 juta atau sekitar Rp 102 milyar (nilai kurs Rp 12.750) untuk pasokan mesin di musim balap F1 tahun 2013 mendatang.

Menurut bocoran seorang sumber kepada The Sun, “Rasanya tidak mungkin McLaren akan bertahan sebagai konsumen mesin Mercedes.”

Auto Motor und Sport menyebutkan, jika pabrikan otomotif Jepang yakni Honda disebut akan menjadi suplayer mesin McLaren, mengingat kolaborasi kedua belah pihak sempat mendominasi balapan F1 pada akhir tahun 1980an hingga awal 1990an.

Media yang berbasis di Jerman tersebut, pertimbangan McLaren menggandeng Honda di ajang Formula 1 akan makin kuat, jika rencana perubahan penggunaan mesin V6 turbo pada tahun 2014 terealisasi.

Di sisi lain, sebuah media lain yakni racecar-engineering.com mengungkapkan ketertarikan dari pabrikan Jepang terseut untuk kembali di ajang F1 sebagai pemasok mesin pada musim balapan F1 tahun depan. Pihak Honda sendiri mengklaim hal tersebut masih bersifat rumor.

“Kami masih melakukan evaluasi secara konstan mengenai hal ini,” ungkap juru bicara Honda. (Derry)