Penjualan Sedan Masih Oke

 

 Konsumen melihat sedan di IIMS akhir September

Jakarta – Meski pangsa pasarnya terus menciut, kalangan pelaku industri otomotif meyakini, varian sedan masih tetap akan diminati. Terbukti segmen pasar ini tumbuh 8-9 persen dalam 10 bulan terakhir.

Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Jongkie D Sugiarto menyebutkan sepanjang Januari-Oktober lalu penjualan sedan menyentuh 18.326 unit. Adapun pada kurun waktu yang sama tahun lalu hanya 16.894 unit.

“Pangsa pasarnya hanya sekitar 4 persen tapi volumenya bisa besar karena pasar juga tumbuh,” ujar Jongkie kepada Harian Detik.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Joko Trisanyoto mengatakan segmen pasar sedan tidak mungkin hilang sama sekali, meski pangsa pasar segmen lain tumbuh berlipat.

Pernyataan Joko bukan tanpa alasan. Sedan medium Toyota Mark X yang sejak Oktober lalu dipasarkan di Indonesia, banyak diminati.

“Oktober sampai November ini tidak kurang dari 300 unit sudah terjual,” ujar sumber di Toyota.

Jumlah itu cukup masuk akal. Soalnya CEO Auto 2000 yang merupakan diler utama Toyota, Jodjana Jody menyebutkan target penjualan sedan yang dibanderol mulai Rp 595 juta itu selama November saja 150-200 unit.

Jody optimistis pasar sedan masih akan bertahan. Bahkan akan terus bertambah seiring dengan membesarnya volume pasar otomotif di tanah air.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy menuturkan bial pangsa pasar sedan menurun bukan berarti sedan menuju kematian.

“Itu karena tren selera konsumen yang paling besar memang varian lalu, bisa MPV (mobil keluarga serba guna) atau SUV (mobil sport serba guna),” ujarnya.

Jonfis mengakui selama ini permintaan sedan besutan Honda terus meningkat. Angka penjualan sedan Honda sampai Oktober lalu sekitar 4.200 unit.

Angka tersebut naik 26 persen lebih dibandingkan penjualan sepanjang 2011 sebanyak 3.945 unit.

Data Gaikindo menunjukkan sepanjang Januari-Oktober 2012, Toyota membukukan penjualan sedan 6.738 unit atau 37 persen dari total penjualan sedan.

Adapun varian sedan terlaris dari semua merek, adalah sedan dengan mesin 1.500 atau kurang. Penjualan sedan itu mencapai 54 persen dari total penjualan.

Sebelumnya, hasil penelitian lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan Indonesia menyebutkan, penjualan sedan mengalami penurunan.

Sementara pada 2010 penjualan masih 33.128, pada 2011 menurun 19,4 persen menjadi 26.712 unit.